Obat Digigit Tawon Paling Ampuh dan Cepat

September 4, 2017

Obat Digigit Tawon – Tawon menggigit atau menyengat seseorang pastinya ada sebab entah sebagai perlindungan sarangnya atau untuk bertahan diri. Kadang ketika tidak sengaja mendekati sarang tawon ini bisa sangat membahayakan. Ada beberapa jenis tawon yang tersebar di Indonesia namun dibagi menjadi tiga yaitu tawon madu, tawon biasa, dan tawon pemakan serangga.

Untuk tawon pemakan serangga ini memang tidak pernah mengganggu bahkan tidak pernah ada kasus menyerang manusia, namun untuk tawon madu dan tawon biasa beda cerita lagi. Biasanya tawon ketika menyengat akan meninggalkan bekasnya berupa sengat yang menempel, sebelum mengatasi dengan berbagai obat disarankan untuk menghilangkan sengatnya terlebih dahulu.

Jika sengat tersebut tidak dihilangkan malah akan membuatnya semakin lebih parah. Bentolan akibat sengatan tersebut tidak akan sembuh bahkan bisa timbul nanah juga. Lama kelamaan bentolan tersebut akan menyebabkan pembusukan yang semakin parah. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengeluarkan sengatan tawon tersebut.

Berbagai Obat Digigit Tawon

obat digigit tawon

Salep

Obat yang pertama adalah salep yang biasa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan menghilangkan bekas gigitan tawon tersebut. Salep ini ada banyak macamnya, ada yang salep untuk kulit sampai salep khusus gigitan serangga. Anda bisa mendapatkannya di toko terdekat. Dalam beberapa jam saja bekas sengatan akan berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya.

Bunga Taman

Menurut orang tua lama, banyak yang menyarankan untuk memakai kelopak bunga taman terdekat sebagai obat yang paling mujarab jika disengat tawon. Memang agak aneh sih namun kebanyakan cara ini juga sangat berhasil menyembuhkan bekas sengatan tawon ini.

Bawang Merah

Ada juga bawang merah yang diiris melintang, bawang ini kemudian ditempelkan pada bekas gigitan tawon tersebut untuk mengurangi efek bengkak akibat racun yang menyebar. Sebetulnya racun dari sengatan tawon ini tidaklah berbahaya bahkan beberapa pengobatan alternatif menggunakan sengatan tawon ini sebagai media utamanya. Namun bukan berarti Anda harus senang jika terkena sengatan tawon tersebut.

Obat Pereda Nyeri

Obat selanjutnya memang dari kategori obat kimia yaitu obat pereda nyeri akibat serangan serangga. Obat ini menyembuhkan bagian luar bekas gigitan serangga namun ada juga yang diminum. Jika memang hanya digigit tawon saja tidak begitu membutuhkan obat kimia karena dengan pengobatan yang sederhana saja bisa menyembuhkan bekas gigitan tersebut.

Obat Alergi

Pada kasus tertentu obat digigit tawon tidak manjur namun orang yang digigit terkena alergi berlebih maka harus mendapatkan penanganan lebih serius lagi. Anda bisa mengambil obat alergi yang banyak dijual di apotek. Obat alergi ini memang sangat dibutuhkan jika memang keadaannya sudah tidak memungkinkan untuk disembuhkan secara manual.

Irisan Jahe

irisan jahe

Obat digigit tawon selanjutnya adalah irisan jahe, Anda bisa mengambil irisan jahe yang dipotong melintang kemudian meletakkan pada bagian yang digigit tawon tersebut.

Jahe mampu meredakan rasa sakit dan mengobati bekas luka tersebut lebih cepat. Kandungan jahe juga dapat meringankan rasa sakit ketika tersengat tawon. Ada baiknya menggunakan jahe yang sudah agak tua, bisa juga memarutnya dahulu dan meletakkan pada bagian yang terkena gigitan tersebut.

Itulah beberapa bahasan mengenai obat digigit tawon. Jika Anda atau orang di sekitar Anda terkena gigitan tersebut jangan langsung panik karena tidak berbahaya. Bila ada indikasi alergi pada korban tersebut lebih baik untuk segera membawanya ke tempat medis. Semoga bermanfaat untuk Anda

Tag : obat digigit tawon, obat disengat tawon, obat digigit, resep obat digigit tawon, obat luar digigit tawon, obat herbal disengat tawon, obat di gigit tawon, obat ampuh di sengat tawon, obat alami di gigit tawon, https://www sehatcenter com/obat-digigit-tawon-paling-ampuh-dan-cepat/, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Obat Digigit Tawon Paling Ampuh dan Cepat