Pengertian dan Akibat Kelebihan Bilirubin Adalah

October 18, 2017

Akibat Kelebihan Bilirubin adalah gangguan kesehatan umum yang banyak dirasakan oleh penderitanya. Bilirubin itu sendiri merupakan produk limbah dari sel darah merah yang sudah mati. Nantinya bilirubin yang beredar di dalam tubuh akan diolah oleh hati dan limpa menjadi sebuah zat gula yang nantinya ikut larut juga dalam air. Di dalam tubuh manusia memiliki kadar bilirubin yang berbeda-beda, ada yang memiliki sekitar 3 sampai 17 mmol/ liter ada juga yang lebih.

Nantinya ketika sudah diolah oleh limpa dan hati, sisanya akan terbuang bersama dengan feses atau air kencing. Lalu bagaimana orang yang memiliki kadar bilirubin yang tinggi? Tentu saja ada beberapa orang yang memiliki kadar tinggi yang bisa berakibat mengganggu kesehatan. Di bawah ini akan membahas beberapa hal tentang gejala yang ditimbulkan dan penyebab kelebihan bilirubin dalam tubuh manusia.

Gejala Kelebihan Bilirubin

Penyakit kunig

Beberapa gejala akibat kelebihan bilirubin adalah sering mengalami panas tinggi, hilangnya nafsu makan secara tiba-tiba, rasa ingin muntah dan perut terasa sangat mual, pembengkakan pada bagian perut, tinja yang berwarna lebih pucat dengan tekstur seperti tanah liat. Dan beberapa masalah kesehatan yang lainnya. Dari gejala tersebut akan sangat mengganggu kesehatan karena aktivitas Anda sehari-hari tentu akan terkena dampaknya. Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab utama seorang memiliki kadar bilirubin yang sangat tinggi? Berikut penjelasannya

Penyebab Kelebihan Bilirubin

Penyebab yang pertama adalah infeksi yang terjadi pada bagian kandung empedu karena pada dasarnya sangat berpengaruh sekali dalam sistem tubuh manusia. Selain itu penyebab lainnya bisa karena masalah keturunan dimana ada kelainan pada organ hati. Bilirubin yang seharusnya terus diolah di dalam tubuh tidak akan diproses semuanya sehingga terjadi penumpukan yang berlebih dalam darah. Selain itu beberapa penyebab lain seperti penyakit yang menyerang sel darah merah, reaksi alergi pada benda tertentu, penyalahgunaan alkohol, sampai pengaruh dari obat-obatan. Memang ada banyak sekali penyebab bilirubin tersebut terus meningkat maka dari itu Anda perlu terus menjaga keseimbangan tubuh.

Bahaya Kelebihan Bilirubin

bayi kuning menjalani fototerapi

bayi kuning menjalani fototerapi

Penyakit Kuning

Bahaya yang pertama jika dalam jangka panjang dengan bilirubin yang tinggi adalah penyakit jantung. Biasanya kasus ini sering terjadi pada bayi yang baru lahir, mereka memiliki kadar bilirubin dalam tubuh mereka sekitar 12 mg/dl yang masih wajar namun dalam rentang waktu yang pendek akan membuat bayi tersebut menjadi kejang dan bisa berakibat mati mendadak. Sangat diwaspadai sekali karena memang sangat mengerikan.

Kelupuhan pada Otak

Darah yang memiliki banyak limbah tentu akan berpengaruh pada organ tubuh lain seperti otak. Otak ini jika terus menerus dialiri darah dengan kadar bilirubin yang tinggi maka bisa berakibat penumpukan bilirubin yang menyebabkan otak menjadi lumpuh. Nantinya sistem syaraf pada kepala juga banyak yang tidak dapat berfungsi.

Kelainan Hati

Seperti pada otak, kadar bilirubin yang tinggi juga akan mempengaruhi kerja organ tubuh lainnya. Organ yang langsung bekerja dan berhubungan dengan darah akan terkena dampaknya, salah satunya adalah hati yang nanti akan terjadi kelainan.

Memang ketika pada bayi yang memiliki kadar bilirubin yang tinggi akan mendapatkan penanganan dari dokter agar pertumbuhannya tidak terganggu sama sekali. Selain itu jika Anda ingin tetap sehat usahakan untuk terus berolahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Karena lebih baik mencegah penyakit untuk datang daripada harus mengobatinya di masa depan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan orang di sekitar Anda.

 

Tag : bahaya kelebihan bilirubin, bilirubin adalah, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Pengertian dan Akibat Kelebihan Bilirubin Adalah