Pengobatan, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Gastroenteritis adalah

June 22, 2017

Gastroenteritis adalah infeksi yang terjadi pada perut atau usus yang disebabkan oleh beberapa jenis virus. Penyakit dengan gejala mual, muntah, diare, kram perut, dehidrasi, penurunan berat badan bahkan terkadang demam selama beberapa hari ini biasanya dianggap penyakit biasa oleh masyakarat. Meskipun begitu penyakit ini bisa membahayakan keselamatan apabila tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas apa itu Gastroenteritis dan bagaimana cara menanggulanginya.

Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang menular melalui kontak jarak dekat dengan orang yang terinfeksi. Selain itu penyakit ini juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit Gastroenteritis ini jarang menyebabkan komplikasi pada orang dengan kondisi tubuh secara keseluruhan sehat. Umumnya penderita akan segera pulih. Meskipun demikian, penyakit  bisa saja mematikan jika terjangkit pada bayi, lansia, dan orang yang bermasalah dengan sistem kekebalan tubuhnya.

Penyebab Gastroenteritis Adalah

Gastroenteritis adalah

Gambar Ilustrasi Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Dua jenis virus yang menjadi penyebab penyakit ini antara lain Rotavirus dan Norovirus. Rotavirus adalah jenis virus yang biasa menjangkit bayi dan anak-anak. Mereka sering memasukkan jari atau benda terkontaminasi pada mulutnya. Orang dewasa yang terjangkit virus ini biasanya tidak akan merasakan gejala apapun. Meski demikian, mereka tetap berpotensi menularkannya pada anak kecil maupun bayi.

Untuk Norovirus, virus ini bisa menjangkit siapa saja pada usia berapa pun. Kasus keracunan makanan yang banyak terjadi di seluruh dunia biasanya disebabkan oleh jenis virus ini. Beberapa tempat yang sering terjadi penularan virus ini adalah sekolah, asrama sekolah atau kampus, tempat perawatan anak, dan ruang perawatan umum.

Pengobatan Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah

Tujuan utama dari pengobatan pada Gastroenteritis adalah untuk menghambat terjadinya dehidrasi dengan mengonsumsi banyak air.  Oralit bisa diberikan untuk membantu rehidrasi. Obat ini mengandung mineral yang diperlukan oleh tubuh. Oralit bisa dibeli di toko obat atau apotek secara bebas. Pemberian antibiotik pada jenis penyakit ini tidak akan memiliki pengaruh terhadap virus yang sudah menginfeksi.

Jika Anda terserang penyakit ini, Anda bisa melakukan beberapa langkah yang bisa dilakukan secara mandiri. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum lebih banyak cairan. Mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit dan mudah dicerna, seperti pisang, bubur, dan ikan juga dianjurkan untuk memberikan waktu pemulihan bagi perut. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi minuman berenergi untuk menggantikan elektrolit dalam tubuh juga disarankan. Jika penyakit ini dialami oleh bayi, Anda bisa memberikan Asi ataupun cairan lainnya yang tidak berbahaya bagi buah hati Anda.

Pencegahan Gastroenteritis

Gastroenteritis dapat dicegah dengan beberapa cara. Mencuci tangan hingga bersih menggunakan air sabun dan air hangat lalu menggosoknya selama 20 detik dapat membersihkan virus yang menempel di tangan Anda. Tissue basah ataupun pembersih tangan khusus bisa menjadi alternatif apabila berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan Anda untuk mencuci tangan menggunakan air ataupun sabun. Selain mencuci tangan, menggunakan peralatan pribadi bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari penyakit ini. Menggunakan peralatan bersih seperti sendok, garpu, handuk ataupun barang-barang lainnya secara pribadi dapat mencegah penularan Gastroenteritis. Membersihkan barang-barang Anda secara berkala juga dapat mencegah penyakit ini. Dan apabila Anda terpaksa melakukan kontak dengan pengidap Gastroenteritis, sebaiknya Anda menjaga jarak dengan menghindari bersentuhan langsung ataupun menggunakan barang-barang penderita.

 

Tag : pencegahan gea, pencegahan penyakit gea, obat penyakit gea, pencegahan gastroenteritis, https://www sehatcenter com/pengobatan-penyebab-dan-pencegahan-penyakit-gastroenteritis-adalah/, gambar penyakit gastroenteritis, gambar infeksi gastroenteritis, gambar gastroenteristis, cara pencegahan gastroenteritis, cara penangannan atau pencegahan penyakit GEA, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Pengobatan, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Gastroenteritis adalah