Penyakit Campak : Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

November 18, 2017

Campak merupakan penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Penyakit campak ini disebabkan oleh sebuah virus yang tergolong kedalam paramyxovirus. Campak adalah penyakit menular.

Cara penularan campak sangat mudah karena melalui media udara, apabila penderita mengalami batuk – batuk, bersin maka virus akan keluar dan mampu bertahan di udara luar selama 2 jam lamanya. Virus ini akan tetap hidup saat menempel pada objek apapun dan siapa saja yang memegangnya akan langsung terinfeksi.

Penyakit campak ini umumnya menyerang pada anak – anak, terutama mereka yang belum pernah divaksin campak. Namun tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini juga menyerang pada orang dewasa. Gejala campak pada orang dewasa sama seperti pada anak – anak, setiap orang yang telah menderita campak maka ia akan kebal dan tidak akan mengalaminya lagi, karena tubuh kita telah membentuk antibodi dari virus paramyxovirus ini. Berikut ini merupakan penjelasan campak secara mendetail.

Penyakit Campak : Gejala, Penyebab, Pencegahan & Pengobatannya

penyakit campak

Campak merupakan penyakit sistem pernafasan yang ditandai dengan ruam merah. Penasaran bagaimana gejala, pencegahan dan pengobatan dari penyakit campak? maka simaklah ulasa berikut ini.

Tentu banyak orang yang penasaran apa itu campak, benar bukan? Dalam artikel kali ini akan dikupas secara tuntas mengenai campak. Jadi sebagai orang tua anda tidak perlu khawatir lagi, cukup atasi penyebabnya kemudian obati secara teratur.

Hal tersebut karena penyakit campak merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, anda harus hati – hati karena penyakit ini dapat menular. Penularan tersebut terjadi antara 2-4 hari sebelum muncul ruam dan 4 hari setelah muncul ruam pada kulit. Untuk lebih jelasnya simaklah ulasan berikut ini.

  1. Gejala Penyakit Campak

Gejala campak sulit dibedakan dengan sakit flu dan batuk pada awalnya, namun setelah 7 sampai 14 hari terinfeksi paramyxovirus akan muncul gejala – gejala sebagai berikut: tenggorokan terasa nyeri, peningkatan suhu tubuh, terasa nyeri pada otot, mata memerah, batuk – batuk, flu berkepanjangan dan munculnya bercak atau ruam merah pada kulit.

  1. Penyebab Penyakit Campak

Campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus campak ini ada dua yaitu rubeola dan rubella. Kedua virus tersebut akan membuat penderita terinfeksi jenis campak yang berbeda. Rubeola akan menyebabkan campak merah walaupun dapat disembuhkan namun juga bisa menyebabkan pneumonia dan ensefalitis. Sedangkan rubella menyebabkan campak jerman, pada ibu hamil campak ini dapat menyebabkan anak lahir cacat.

  1. Pencegahan Penyakit Campak

Cara pencegahan campak salah satunya dengan menjalani vaksinasi campak. Vaksin yang digunakan berupa vaksin MMR yang diberikan 2 kali, dosis pertama ketika anak berusia 12 – 15 bulan, dosis yang kedua diberikan ketika anak berusia 4 – 6 tahun. Untuk itu sebagai orang tua jangan sampai ketinggalan untuk memvaksinasi anak anda dengan vaksin MMR.

  1. Perawatan Penyakit Campak

Anak – anak maupun orang dewasa yang terkena campak perlu dirawat dengan baik. Perawatan yang baik akan mencegah perkembangan virus. Perawatan yang seharusnya dilakukan yaitu membiasakan penderita istirahat dengan cukup, ketahui makanan yang menjadi pantangan sakit campak, jagalah kebersihan tubuh dan hindari dehidrasi.

  1. Pengobatan Penyakit Campak

Pengobatan campak tidak ada hal yang khusus, karena penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Penderita campak yang biasanya disertai dengan demam dapat diberikan obat berupa asetaminofen dan ibuprofen, pastikan dosis sesuai dengan takaran usia penderita. Apabila penderita juga terinfeksi bakteri maka sebaiknya diberikan antibiotik.

Seperti itu penjelasan mengenai penyakit campak yang umunya diderita oleh anak – anak. Uraian tersebut dapat dijadikan reverensi dalam merawat anak anda. Semoga lekas sembuh!

Tag : makalah campak cara penularan pencegahan pengobatan, makalah campak dewasa, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Penyakit Campak : Gejala, Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan