Penyakit Degeneratif pada Lansia, Penyebab dan Pencegahan

June 27, 2017

Penyakit Degeneratif pada Lansia, Perlu Anda pahami, semakin bertambahnya usia seseorang maka semakin rentan orang tersebut untuk terjangkit suatu penyakit. Bukan hanya orang yang bertambah tua saja yang perlu dikhawatirkan, tetapi setiap orang mulai dari anak-anak sudah harus waspada terhadap serangan penyakit yang dapat datang kapanpun dan dimanapun.

Nah salah satu penyakit yang kita sering dengar adalah penyakit degeneratif, namun sejauih ini apa kita ketahui mengenai penyakit tersebut dan bagaimana penyakit ini dapat menyerang kesehatan kita? Simak penjelasannya dibawah ini.

Penyakit Degeneratif pada Lansia

Ilustrasi Lansia – Lansia bahagia

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang muncul akibat penurunan fungsi organ tubuh. Umumnya penyakit ini menyerang orang yang berusia lanjut seiring dengan kemunduran fungsi organ dan sel dalam tubuhnya.

penyakit degeneratif diantaranya adalah stroke, jantung koroner, diabetes, kanker, gagal ginjal, hepatitis, asam urat, rematik, osteoporosis, alergi saluran pernapasan hingga alergi kulit.

Namun penyakit degeneratif ini tampaknya tidak hanya menyerang para pemilik usia lanjut tetapi juga penyerang para usia muda. Hal ini terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat, seperti contoh mengonsumsi junk  food,mengonsumsi alkohol dan narkoba, merokok, stres, kurang tidur serta kurang berolahraga.

Tanda Penyakit Degeneratif pada Lansia

Penyakit Degeneratif pada Lansia

Tanda Penyakit Degeneratif pada Lansia

Penyakit ini merupakan penyebab kematian nomor tiga dan merupakan kecacatan utama bagi manusia di dunia. Di Indonesia kasus stroke telah mencapai angka 400.000–500.000 kasus setiap tahunnya dan 25% di antaranya meninggal dunia. Ini berarti 100.000-125.000 orang meninggal dunia akibat stroke. Selain itu stroke di Indonesia mulai menyerang kelompok usia lebih muda dibawah usia 45 tahun.

Dalam kasus penyakit kanker, di Indonesia penyakit kanker atau tumor ganas ini belum dapat ditangani secara tuntas. Pada tahun 2003 diperkirakan 1.334.100 kasus dengan angka kematian akibat penyakit kanker. Hingga kini penyebab terjadinya penyakit kanker belum diketahui dengan pasti.

  • Jantung

Pada tahun 2010 penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Sekitar 29 detik terdapat 1 orang terkena sakit jantung dan setiap 1 menit orang meninggal karena penyakit ini. 49% penderitanya adalah pria.

  • Diabetes mellitus

Berdasarkan data WHO pada tahun 2010 memaparkan bahwa penyakit diabetes melitus menduduki peringkat keenam sebagai penyebab kematian pada kategori penyakit tidak menular.

Perlu Anda ketahui, rentang usia penderita diabetes bervariasi yakni mulai dari usia 20-79 tahun. Indonesia masuk dalam urutan ketujuh negara dengan penderita diabetes melitus terbanyak.

Untuk menghindari penyakit degeneratif ini ada beberapa tips sehat mudah yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah:

  • Gantilah pola hidup Anda dengan pola hidup sehat dengan banyak berolahraga dan istirahat yang cukup.
  • Anda harus memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi seimbang dengan menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna.
  • Untuk mengurangi pengeroposan tulang dalam tubuh, Anda dapat menghindari paparan toxic prooksidan atau radikal bebas dengan menggunakan pelindung kulit seperti handbody, sunblock ataupun UV protection lainnya pada kulit Anda sehingga radikal bebas tidak langsung masuk ke dalam lapisan kulit Anda.
  • Selain pola hidup yang sehat, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen sebagai penambah antioksidan dan daya tahan tubuh Anda sehingga mampu memaksimalkan imunitas tubuh dari serangan penyakit.

Mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati, maka sebelum Anda menyesal terkena gejala Penyakit Degeneratif  karena gaya hidup maka mulailah memperbaiki gaya hidup yang lebih baik untuk hidup yang lebih sehat.

Tag : penyakit degeneratif pada lansia, penyakit degeneratif lansia, penyakit pada lansia, penyakit lansia, degeneratif pada lansia, contoh penyakit degeneratif pada lansia, penyakit degeneratif pada usia muda, perkiraan 2050 lansia yang menderita penyakit degeneratif tidak dapat beraktivitas lagi di karenakanb?, penyakit degeneratif, lansia, 

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Penyakit Degeneratif pada Lansia, Penyebab dan Pencegahan