Penyebab Down Syndrome Menurut Para Ahli

September 7, 2017

Penyebab Down Syndrome – Down Syndrome merupakan gangguan genetika yang terjadi karena faktor keturunan. Pada pengidap penyakit Down Syndrome memang tidak bisa disalahkan karena menurut WHO sendiri setidaknya ada 1 anak yang terkena dari 1000 dari kelahiran anak.

Setiap tahunnya sendiri setidaknya ada 3000 sampai 5000 anak dengan kelainan Down Syndrome ini. Pada anak yang terkena syndrome ini memang perlu banyak perhatian agar perkembangannya dapat terjaga. Memang tidak ada obat ataupun tindakan medis yang bisa menyembuhkannya karena memang sudah bawaan dari lahir.

Namun secara psikologis, pengidap Down Syndrome ini bisa tumbuh layaknya anak normal dengan berbagai latihan tersendiri. Ada beberapa sekolah khusus yang dijuluki sekolah luar biasa ini yang menjadi tempat mereka untuk berkembang lebih pesat.

Tentunya terkadang ketika seorang yang tidak normal masuk pada lingkungan yang normal akan ada banyak tekanan di dalamnya, bahkan yang tidak kuat akan stres dan berusaha mengakhiri hidupnya. Inilah mengapa Anda perlu memberikan perhatian dan kasih sayang yang lebih untuk menunjang perkembangan tubuh dan otaknya.

Penyebab Down Syndrome Menurut Para Ahli

penyebab down syndrome

Setidaknya pada bayi normal memilki 46 kromosom dalam sel yang diwariskan yaitu 23 kromosom dari ayah dan ibunya sehingga jika terjadi penambahan kromosom yang tidak normal akan mempengaruhinya ketika lahir.

Memang kebanyakan disebabkan karena faktor genetika namun ketika pertumbuhan janin inilah yang menyebabkan sang bayi nanti terdapat kelainan.

Biasanya keluarga yang memiliki anggota keluarga yang mengidap Down Syndrome dalam keturunan mendatangnya tetap akan terjadi hal yang sama.

Beberapa masalah lain yang timbul dan mempertinggi seorang memiliki keturunan abnormal tersebut adalah usia kehamilan di atas 35 tahun, memiliki riwayat keluarga dengan Down Syndrome, atau sudah pernah memiliki bayi dengan kondisi Down Syndrome tersebut. Memang tidak ada tindakan untuk pencegahan lebih lanjut namun jika sudah terjadi mau bagaimana lagi.

Perawatan dan Perkembangan Down Syndrome

penyebab down syndrome

Contoh Orang suskes terkena Down Syndrome

Bagi mereka yang terkena Down Syndrome memang memiliki perawatan dan pengembangan yang berbeda juga agar otaknya lebih berkembang.

Biasanya mereka dimasukkan pada sekolah khusus tersebut dengan metode pendidikan yang berbeda pula. Jangan mengira jika pengidap penyakit ini tidak akan memiliki masa depan karena banyak di antara mereka yang sudah bisa menjalani kehidupan dengan normal.

Tentu saja tetap dalam bantuan rekannya. Memang tidak mudah mengajari hal yang sama pada anak yang berbeda, pada Down Syndrome ini perlu penekanan dengan sepenuh hati agar apa yang diajarkan dapat diserap dengan baik.

Sewaktu bayi lahir maka bisa langsung melakukan cek pada bayi tersebut melaui darah persalinannya. Biasanya dokter akan mengonfirmasi apakah Anda memiliki keturunan dengan Down Syndrome atau tidak.

Memang tidak bisa sembuh namun bukan berarti harus disingkirkan, banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjalani hidup bersama mereka yang terkena Down Syndrome ini.

Bukan menjadi salah mereka karena sudah terlahir dengan keadaan yang tidak sempurna, hanya saja menjadi tanggung jawab mereka yang terlahir sempurna untuk terus mendampinginya.

Demikian beberapa ulasan yang menarik tentang penyebab Down Syndrome menurut para ahli. Pastinya ada sejumlah orang di sekitar Anda yang mengalami masalah tersebut.

Sebaiknya tetap untuk mendampingi dan terus menyemangati agar mereka yang terkena Down Syndrome dapat tumbuh layak sebagai manusia sosial. Sekarang ini banyak paguyuban dan komunitas yang mendukung kegiatan sosial ini.

Tag : penyebab down syndrome menurut para ahli, penyebab downsindrome, penyebab bayi lahir down syndrome, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Penyebab Down Syndrome Menurut Para Ahli