Penyebab Hipertiroid Pada Tubuh Manusia, Begitu Juga dengan Pengobatannya

October 24, 2017

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab hipertiroid pada tubuh manusia. Hipertiroid adalah kelebihan jumlah hormon tiroid yang akan menimbulkan dampak gangguan didalam tubuh seperti degup jantung yang lebih cepat, pernapasan yang lebih cepat, dan mempercepat metabolisme tubuh. Efeknya sendiri tidak begitu baik bagi tubuh karena akan membuat berat badan menurun secara drastis.

Kelenjar tiroid sendiri yang terletak di leher bagian depan memiliki fungsi utama untuk menstabilkan kondisi tubuh serta memetabolisme makanan menjadi energi, apabila menghasilkan hormon dengan lebih banyak dari norlmanya maka akan membuat sistem metabolisme menjadi lebih tinggi dari normalnya juga.

Biasnya masalah ini muncul pada usia sekitar 20 sampai 40 tahun yang memiliki gejala seperti di atas, masih ditambah lagi dengan keringat yang keluar banyak dan merasa gemetaran. Di bawah ini ada beberapa penyebab utama mengapa seseorang mengalami masalah Hipertiroid.

Penyebab Hipertiroid Pada Tubuh Manusia

Penyebab Hiperteroid

  • Penyakit Graves

Penyebab yang pertama adalah penyakit Graves  yang merupakan penyakit keturunan. Jika seseorang terkena penyakit ini akan memproduksi lebih banyak hormon tiroksin yang juga akan membuat kelenjar tiroid memproduksi tiroksin dalam jumlah besar pula. Biasanya bagi pengidapnya akan merasa cepat lelah, pandangan mata sering kabur, dan membuat bola mata seperti menonjol keluar.

  • Masalah Tiroiditis

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri atau kuman yang masuk ke dalam kelenjar tiroid dalam tubuh. Nantinya akan terjadi kebocoran pada bagian hormon tiroksin sehingga terpacu untuk memproduksinya juga dalam jumlah yang besar. Kebocoran yang tidak terkontrol nantinya akan menyebabkan Hipertiroid tersebut.

  • Efek Samping Obat

Pada kasus tertentu seseorang terserang Hipertiroid karena pengaruh dari obat tertentu. Jika memang salah obat maka akan menjadi dampak yang lebih parah dari biasanya. Biasanya beberapa obat yang mengandung banyak sekali iodin, yang sebetulnya dibutuhkan tubuh untuk memperbanyak produksi hormon tiroksin tersebut yang membuat Hipertiroid. Coba untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter Anda apakah obat yang diminum aman bagi tubuh atau malah akan membuat gangguan pada tubuh tersebut.

Selain disebabkan infeksi kuman atau bakteri, bisa juga disebabkan karena adanya kanker pada kelenjar tiroid. Nantinya kerja dari kelenjar tersebut tidak lagi normal sehingga bisa mengeluarkan banyak hormon tiroksin yang menyebabkan terjadinya Hipertiroid. Memang penyakit kanker perlu diwaspadai sekali karena dalam jangka waktu yang lama jika tidak ada pengobatan yang lebih layak akan menyebabkan penyakit serius lainnya.

Pengobatan Hipertiroid

Pengobatan Hipertiroid

Sampai saat ini cara penyembuhan Hipertiroid tersebut masih dalam beberapa metode salah satunya adalah radioterapi. Untuk sekali melakukan radioterapi ini juga membutuhkan biaya yang sangat mahal sekali. Itulah mengapa lebih baik menjaga kesehatan tubuh daripada harus terkena banyak penyakit yang mengincar.
Obat Hipertiroid
Obat untu antitiroid dan yodium radiokatif merupakan obat dari penyakit hipertiroid. Obat antitiroid akan menghambat sintesis pada hormon tiroid dan yodium radioaktif dan menghancurkan sel – sel tiroid sehingga produksi hormon bisa dihambat.
Contoh obatnya adalah
  • Methimazole, akan tetapi obat ini memiliki efek samping, sepeti menurukan jumla sel darh putih.
  • Beta-blocker (Propranolol) obat ini membantu mengontrol denyut nandi, berkeringat, tekanan darah dan kecemasan. (Baca juga : Obat darah tinggi )

Operasi

Sebagian atau seluruh pada kelenjar tiroid mungkin harus diangkat dengan cara dioperasi. Pada saat kelenjar tiroid sudah dioperasi, maka pasien memerlukan suplemen hormon tiroid agar terhindar dari hipotiroid.

Pengobatan juga dianjurkan untuk mencegah tiroid strom atau tritoksikosis dan penyakit kompilasi lainnya. Tirotoksikosis adalah memburuknya gejala akibat dari pelepasan sejumlah hormon tiroid secar tidak normal atau berlebih – lebihan. Hal ini terjadi dikarenakan stres atau infeksi.

Tips Perawatan

Memang membutuhkan penanganan yang serius jika terjadi masalah yang serupa pada Anda. Namun begitu masalah kesehatan bisa diatasi dengan menjaga pola istirahat, olahraga, dan makanan yang teratur.

Konsumsi sejumlah kalsium, kalori dan natrium sesuai dosis selama dan setelah masa pengobatan hal itu sangat penting.  Lebih baik melakukan tindakan pencegahan daripada harus menanggung beban berat penyakit. Hipertiroid juga menyebabkan tulang belakang menjadi keropos atau biasa disebut osteiporosis.

Oleh karena itu vitamin d dan kalsium sangat diperlukan. sebaiknya selama masa perawatan tubuh selalu mengkonsultasikan dengan dokter kepercayaan anda.

Demikian informasi yang bisa disampaikan dari penyebab Hipertiroid dan bagaimana penanganannya. Ingat selalu untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari masalah yang serupa. Masih banyak informasi menarik lainnya seputar kesehatan yang bisa Anda ketahui selanjutnya. Semoga bisa bermanfaat!

 

Tag : penyebab hipertiroid, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Penyebab Hipertiroid Pada Tubuh Manusia, Begitu Juga dengan Pengobatannya