Penyebab Jerawat Meradang dan Gatal

July 5, 2017

Jerawat yang dialami oleh masing-masing orang memiliki jenis yang berbeda-beda. Penyebabnya pun berbeda, ada yang memang disebabkan oleh hormon, alergi, kebersihan kulit yang tidak dijaga, dll. Anda sebaiknya berhati-hati dalam merawat kulit wajah yang berjerawat. Jika tidak berhati-hati akan memperparah jerawat yang anda sedang alami. Perawatan pertama yang harus anda lakukan yaitu merawat kebersihan kulit.

Apabila jerawat anda meradang dan mengakibatkan rasa gatal, jangan sampai anda menggaruk jerawat tersebut. Iritasi yang lebih parah bisa anda alami jika menggaruk wajah anda. Anda bisa menanyakan kepada teman atau dokter cara yang tepat untuk mengatasi jerawat anda. Ada baiknya anda kenali terlebih dahulu penyebab jerawat meradang dan gatal berikut ini agar anda tidak mengalaminya lagi.

Penyebab Jerawat Meradang dan Gatal

Penyebab Jerawat Meradang dan Gatal

1.Alergi

Anda harus mengenali tubuh anda dengan baik agar dapat mengatasi hal-hal aneh yang tiba-tiba muncul, seperti alergi misalnya. Alergi bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti makanan, debu, kosmetik, dll. Efek yang diakibatkan oleh alergi ini bisa berupa kulit yang memerah dan terasa gatal. Alergi ini juga bisa memicu tumbuhnya jerawat meradang dan gatal. Jangan sesekali anda menggaruk kulit anda, karena itu hanya akan memperparah kondisi kulit anda.

2.Kosmetik

Bagi seorang wanita, kosmetik bisa dibilang sebagai peralatan yang wajib ada. Produk-produk kecantikan pun semakin gencar membuat jenis-jesis baru dengan harga yang terjangkau. Namun anda tidak boleh kalap dalam membeli peralatan kosmetik, anda harus mempertimbangkan bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan. Tidak semua jenis bahan kosmetik akan cocok di kulit anda, jadi anda tidak menyesuaikan dengan jenis kulit anda yang ada justru muncul jerawat yang meradang dan gatal. Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan produk kosmetik.

3.Keringat

Cuaca panas dan kondisi udara yang berpolusi memicu munculnya jerawat pada wajah. Terlebih lagi jika anda mudah berkeringat. Campuran antara keringat yang mengandung bakteri dengan debu dari polusi udara harus anda bersihkan sesering mungkin. Jika tidak masalah jerawat pun akan anda alami. Selalu sedia tisu setiap kali anda berpergian dan bersihkanlah wajah anda dari keringat ataupun kotoran yang lain.

4.Kebersihan Wajah Yang Tidak Terjaga

Selalu biasakan mencuci wajah sebelum tidur dan sesudah berpergian. Kotoran-kotoran yang menempel akan menyumbat pori-pori anda. Bagi anda yang gemar menggunakan make up, harus lebih rajin dalam urusan membersihkan wajah. Wajah yang tidak bersih dari kotoran maupun make up akan menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat. Jerawat gatal pun lambat laun mulai muncul. Jadi jangan lupa untuk sering-sering membersihkan wajah.

5.Memencet Jerawat

memencet jerawat

Jika anda sedang memiliki jerawat pada wajah, jangan sesekali berusaha untuk memecahnya. Tangan anda belum tentu steril saat memegang jerawat, bakteri yang terbawa justru menyebabakan jerawat meradang dan gatal. Anda harus bersabar membiarkan jerawat anda kempis dengan sendirinya. Memencet jerawah justru akan menimbulkan flek hitam nantinya. Hindari menyentuh wajah yang berjerawat apabila tangan anda belum benar-banar bersih.

Itulah penyebab-penyebab jerawat meradang dan gatal. Semoga membantu anda dalam menemukan akar permasalahan dari jerawat anda.

Tag : jerawat meradang dan gatal, cara mengatasi jerawat meradang dan gatal, jerawat gatal dan meradang, jerawat gatal, Jerawat gatal dan sakit, jerawat alergi yang terasa gatal, cara menghilangkan jerawat yang meradang dan gatal, cara mengatasi jerawat yang meradang dan gatal, cara mengatasi jerawat yang gatal dan meradang, cara mengatasi gatal pd jerawat yg meradang, 

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Penyebab Jerawat Meradang dan Gatal