Penyebab Jerawat Meradang Saat Hamil dan Solusinya

July 5, 2017

Menjadi seorang ibu tentu memiliki banyak tantangan. Apalagi saat anda sedang mengandung, mulai dari rasa mual yang tak terhankan hingga permasalahan kulit.

Banyak ibu hamil yang mengeluh akan tumbuhnya jerawat yang menjadi-jadi. Hal ini bisa dikarenakan oleh produksi hormon progesteron yang meningkat. Peningkatan hormon tersebut akan menyebabkan peningkatan sekresi pada kulit.

Tidak hanya sekresi pada kulit, kelenjar minyak juga ikut memperbanyak produksinya. Dari penyebab-penyebab tersebut tidak memberikan efek bahaya pada bayi anda.

Tetapi anda yang sedang hamil muda pun tidak boleh stress akan masalah jerawat tersebut agar tidak berpengaruh pada janin. Cukup dengan mengatasinya dengan baik, berikut solusi mengatasi jerawat meradang saat hamil.

Solusi Mengatasi Jerawat Meradang Saat Hamil

jerawat saat hamil

1. Kurangi Intensitas Mencuci Wajah

Mencuci muka memang mampu membersihkan wajah, namum jika kondisi wajah anda berjerawat anda harus mengurangi mencuci wajah. Hal itu dapat menyebabkan kulit anda menjadi semakin kering dan kasar bahkan timbul jerawat baru. Anda cukup membasuh muka sehari 2x atau jika anda memerlukannya, seperti setelah membersihkan make up misalnya. Yang terpenting anda membersihkan muka saat akan tidur.

2. Memakai Pencuci Wajah Bebas Minyak

Setelah anda mengurangi intensitas mencuci wajah, anda juga harus menentukan jenis sabun pencuci muka. Sabun yang harus anda gunakan yaitu jenis sabun yang bebas dari minyak, alkohol, dan bahan-bahan berbahaya lainnya. Sabun anti septik bisa anda jadikan solusi, sabun tersebut baik untuk kulit anda. Bisa menyehatkan serta memperhalus wajah anda. Setelah mencuci wajah anda juga harus memilih jenis handuk yang lembut dan jangan mengelap dengan keras.

3. Sering Mengeramas Rambut

Apabila kulit kepala anda mudah untuk mengeluarkan minyak maka sering-seringlah untuk keramas. Kulit kepala yang berminyak juga mampu memicu munculnya jerawat pada wajah. Dengan berkeramas anda dapat mengurangi resiko terkena jerawat saat hamil. Jangan lupa untuk memijat-mijat kepala anda sembari mengeramas. Memijat kulit kepala juga bisa membantu memperlancar sirlukasi darah.

4. Menggunakan Masker Untuk Wajah

Masker untuk wajah kini sudah beredar di banyak toko kosmetik. Masker untuk wajah memang dinilai mampu mengatasi permasalahan kulit dengan tepat. Pemakaiannya yang sementara membuat banyak orang memilih memakai masker. Bagi ibu hamil cara ini juga bisa dicoba, karena tidak merepotkan. Anda bisa memilih jenis masker berbahan alami seperti lidah buaya, mentimun, madu, dll. Biasanya penggunaan masker hanya memerlukan waktu 15-30 menit saja.

5. Tidak Memencet Atau Menyentuh Jerawat

memencet jerawat

Ini merupakan hal umum yang harus anda hindari, memencet atau menyentuh jerawat dapat menempelkan jenis bakteri baru. Jerawat anda justru akan semakin meradang, maka jangan mencoba untuk melakukannya. Lebih baik anda membiarkannya hingga mengempis sendiri. Memencet jerawat juga akan memunculkan flek hitam yang sulit dihilangkan.

Demikianlah penyebab jerawat meradang saat hamil dan juga solusinya. Mudah bukan? Maka jangan setres menghadapi jerawat yang bermunculan saat hamil.

Tag : jerawat meradang saat hamil muda, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Penyebab Jerawat Meradang Saat Hamil dan Solusinya