Penyebab, Pencegahan dan Gejala Jantung Koroner Pada Pria

January 9, 2017

Gejala Jantung Koroner Urutan penyakit yang mematikan di dunia saat ini ditempati oleh penyakit jantung Koroner . Sama seperti penyakit jantung pada umumnya namun yang berbeda hanya pada sumber dan penyebabnya. Penyakit ini bisa kambuh dadakan dan bisa menyerang siapa saja yang tidak memiliki pola hidup yang sehat. Risiko yang paling besar adalah kematian bagi penderitanya karena ketika kambuh hanya butuh beberapa menit saja untuk dapat kembali normal atau langsung tutup usia seketika. Maka dari itu penting sekali untuk mulai menjaga diri dengan olahraga teratur dan makan makanan bernutrisi tinggi.

Penyebab Jantung Koroner

gejala jantung koroner

Umumnya penyakit ini disebabkan karena pada tubuh terutama pada pembuluh darah sudah kelebihan kolesterol dan racun. Nantinya bahan berbahaya tersebut akan membentuk plak pada bagian arteri dan membuatnya semakin sempit untuk dilewati darah. Jika sudah terlalu lama dan parah akan menyebabkan darah terhenti sesaat dan jantung akan langsung berkontraksi. Hal inilah yang mengakibatkan serangan dadakan dari penyakit ini yang bisa berujung kematian. Jika penyakit jantung umumnya bisa ditularkan dari generasi ke generasi namun pada penyakit ini disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

Gejala  Jantung Koroner

gejala jantung koroner

Untuk awal mula penyakit ini mulai menyerang memang tidak bisa terdeteksi dan pada kenyataannya hampir tidak ada gejala yang timbul. Namun jika sudah agak lama terjadi akan mulai terjadi gejala signifikan seperti rasa nyeri bagian ulu hati yang sangat sakit sekali, sering sekali sesak nafas, mudah lelah dan berkeringat, rasa sakit pada bagian tangan kanan dan kiri, susah tidur, rasa mual dan mulai terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian sendi kaki atau perut. Jika Anda sudah merasakan gejala tersebut sebaiknya untuk segera memeriksakan diri untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dan penyakit apa yang kira-kira sedang mengincar Anda.

Namun perlu diperhatikan lagi karena gejala penyakit ini akan berbeda antara individu satu dengan individu yang lainnya. Itulah mengapa tidak ada salahnya memeriksakan diri lebih lanjut ke rumah sakit atau dokter terdekat. Selama ini belum ada tindakan penyembuhan yang pasti dan biasanya pasien yang terkena penyakit ini hanya melakukan serangkaian perawatan guna mencegah serangan dadakan datang kembali. Serangkaian perawatan tersebut memang harganya tidak murah apalagi jika sudah masuk ke ruang ICU yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Itulah mengapa ada peribahasa yang mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Pencegahan Terhadap Penyakit Jantung Koroner

gejala jantung koroner

Penyakit ini bisa dicegah jauh-jauh hari karena yang namanya kesehatan memang mahal harganya. Umumnya penyakit ini disebabkan karena pola makan yang tidak teratur dan masih sembarangan. Untuk itu mulai hindari makanan yang berlemak, berkolesterol, sampai makanan sampah (junk food). Dengan begitu Anda tidak akan lagi merasakan keluhan yang sama dan menghindari plak yang berbahaya pada saluran arteri tersebut. Anda juga bisa melakukan serangkaian pola hidup sehat seperti olahraga teratur, lebih banyak meminum air putih, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, dan menjaga kesehatan diri dari penyakit lain yang menyerang.

Tentu jika Anda sudah bisa mengatasi hal tersebut tidak ain khawatir untuk terserang penyakit yang serupa. Jantung coroner bukan sebagai penyakit yang harus ditakuti namun sebagai penyakit yang bisa dicegah. Pola hidup sehat juga membantu menghindarkan tubuh Anda dari serangan penyakit lain yang juga bisa mengincar nyawa Anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan memberikan pengetahuan untuk Anda.

Tag : apa saja yang menyababkan pjk kembali kambuh, gejalah jantung korener pada pria, 

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Penyebab, Pencegahan dan Gejala Jantung Koroner Pada Pria