Penyebab Penyakit Hipertiroid, Mudahnya Penyakit ini untuk Terinfeksi

16 December 2017 20:19
December 16, 2017

Penyakit hipertiroid adalah penyakit yang disebabkan karena kelenjar tiroid mengeluarkan jumlah hormon tiroid yang tinggi. Akibatnya proses metabolisme tubuh menjadi lebih cepat.

Penyebab Penyakit hipertiroid kelainan yang terjadi pada kelenjar tiroid yang terletak dibawah leher dekat telinga. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang berfungsi untuk menjaga stabilitas proses metabolisme tubuh manusia. Jika seseorang memiliki hormon tiroid melebihi batas normal, maka proses metabolismenya menjadi lebih cepat dibanding orang normal kebanyakan.

Gejala hipertiroid pada wanita, pria, atau anak-anak bisa dikatakan sama. Seseorang yang memiliki hormon tiroid yang tinggi memiliki denyut jantung yang cepat dan tidak beraturan, kerontokan pada rambut, muncul ruam pada kulit, serta telapak tangan yang berwarna kemerahan. Akibatnya, penderita hipertiroid biasanya mudah cemas, sering buang air, bahkan mengakibatkan kemandulan.

Penyebab Terjadinya Penyakit Hipertiroid

Penyakit Hipertiroid

1. Penyakit Graves

Graves adalah peyakit turunan yang dibawa seseorang sejak lahir. Penyakit ini bisa menyerang siapapun di usia berapapun. Namun biasanya penyakit graves lebih banyak menyerang seseorang di usia 20 hingga 40 tahun. Graves adalah kelainan yang dibawa oleh seseorang sejak lahir, dimana penyakit ini bisa membuat produksi hormon tiroksin dalam tubuh menjadi lebih banyak.

Akibat produksi hormon tiroksin yang banyak yaitu meningkatnya kadar hormon tiroid dalam tubuh. Gejala awal hipertiroid yaitu adanya benjolan atau pembengkakan kelenjar di sekitar leher. Jika benjolan ukurannya masih kecil, bisa disembuhkan dengan obat herbal hipertiroid seperti meminum godokan daun sirsak. Atau bisa melakukan cara pencegahan hipertiroid lainnya seperti membiasakan hidup sehat.

2. Efek Samping Penggunaan Obat

Obat kimia yang tersebar di apotek tentu memiliki efek samping jika dikonsumsi secara terus menerus. Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam obat bisa menimbulkan beberapa kontra indikasi pada tubuh, salah satunya yaitu meningkatnya jumlah hormon hipertiroid. Jika anda mengalami gangguan hormon hipertiroid yang disebabkan efek samping penggunaan obat kmia, maka untuk menyembuhkan sebaiknya jangan menggunakan obat hipertiroid di apotek.

Obat yang dijual di apotek biasanya mengandung bahan kimia. Meskipun tidak berbahaya dan aman di konsumsi, tapi secara langsung atau tidak bahan tersebut pasti membawa efek samping pada tubuh. Maka cara alternatif yang bisa dilakukan yaitu menyembuhkan penyakit hipertiroid menggunakan obat herbal atau membeli obat herbal yang dijual di toko obat terpercaya.

3. Konsumsi Yodium Yang Berlebihan

Yodium adalah salah satu zat yang berfungsi untuk mencegah penyakit gondok. Zat ini bisa didapatkan dari garam yang biasa digunakan untuk memasak. Selain untuk mencegah gondok, yodium juga bisa mempengaruhi kecerdasan otak seseorang. Orang yang kekurangan yodium biasanya mengalami kesulitan untuk konsentrasi dan sulit mengingat sesuatu.

Namun hal itu tidak berarti jika kelebihan yodium adalah hal yang bagus. Justru jika seseorang mengkonsumsi yodium dalam jumlah berlebih, maka zat tersebut akan meleburkan hormon tiroid dalam tubuh dengan jumlah yang banyak. Sebagai upaya pencegahan hipertiroid, langkah awal yang bisa dilakukan yaitu mengkonsumsi makanan sehat dalam jumlah yang cukup dan disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi tubuh.

4. Tiroiditis

Tiroiditis adalah masuknya kuman atau bakteri ke dalam kelenjar tiroid. Mikroorganisme ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui udara atau kontak langsung dengan benda yang berpotensi mengandung kuman atau bakteri. Ketika virus dan bakteri sudah menyerang, maka yang akan terjadi yaitu kebocoran pada kelenjar tiroid. Akibatnya produksi tiroksin menjadi semakin meningkat. Bahaya hipertiroid baru terasa jika sudah memasuki stadium lanjut.

(Baca Juga:  Obt Penyakit Hipertiroid )

Beberapa gejala awal penyakit hipertiroid bisa di sembuhkan dengan perawatan secara alami. Namun jika hipertiroid sudah memasuki stadium lanjut, maka perlu adanya perawatan khusus dan biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa sembuh total.

Tag : gambar akibat kelebihan yodium, pencegahan hipertiroid, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Penyebab Penyakit Hipertiroid, Mudahnya Penyakit ini untuk Terinfeksi