Penyebab Penyakit Kaki Gajah yang Biasanya di Anggap Sepele

12 December 2017 09:46
December 12, 2017

Anda sudah tahu penyebab penyakit kaki gajah? Jika belum, Anda wajib membaca artikel ini dengan seksama agar Anda dapat mencegah penyebab dari penyakit tersebut.

Penyebab penyakit kaki gajah sangatlah banyak dan perlu Anda ketahui dengan jelas agar Anda dapat terhindar dari penyakit tersebut.

Namun, sebelum membahas lebih jauh, apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan penyakit kaki gajah? Artikel ini akan memberikan wawasan yang lengkap untuk Anda.

Seseorang yang memiliki kaki dengan ukuran tidak wajar alias bengkak yang sangat besar, merupakan salah satu ciri-ciri penyakit kaki gajah. Dengan kondisi kaki yang sangat besar tersebut, tentu saja dapat mengganggu aktifitas rutin yang sering Anda lakukan setiap harinya.

Berikut 4 Penyebab Penyakit Kaki Gajah

kaki gajah

Penderita Penyakit Kaki Gajah

1. Kondisi Lingkungan yang Kotor

Penyebab utama penyakit kaki gajah adalah lingkungan yang kotor dan kumuh di sekitar tempat tinggal Anda. Mengapa demikian? Karena, lingkungan yang kotor dapat membuat bakteri dan hewan-hewan seperti kecoa, nyamuk maupun cacing mudah tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

Untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut, jagalah kebersihan lingkungan Anda setip hari. Alangkah lebih baiknya apabila setiap minggu dilakukan kera bakti oleh seluruh masyarakat sekitar untuk membersihkan seluruh lingkungan termasuk saluran pembuangan air (comberan) agar tidak tersumbat dan menjadi lancar.

2. Kondisi Tubuh yang Kotor

Penyebab penyakit kaki gajah yang selanjutnya adalah kondisi tubuh yang koto. Apabila Anda tidak bisa menjaga kebersihan tubuh, maka kemungkinan besar Anda dapat terkena penyakit tersebut. Pasalnya, dengan kondisi tubuh yang kotor, bakteri dan jamur dapat menempel pada tubuh Anda. Selain itu, Anda akan menjadi buruan yang mantap bagi nyamuk.
Mandilah sehari 2 kali secara rutin, dan gosoklah seluruh badan agar daki dapat hilang. Selain itu, gunakanlah sabun yang mengandung bahan antibakteri agar pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit Anda dapat ditekan.

3. Gigitan Nyamuk

Mungkin Anda sudah sering tergigit nyamuk bukan? Namun, mulai saat ini Anda harus waspada terhadap gigitan nyamuk. Pasalnya, gigitan nyamuk dapat membuat Anda terserang penyakit kaki gajah. Nama nyamuk penyebab kaki gajah adalah culex. Nyamuk culex merupakan vektor penularan penyakit kaki gajah karena dapat memnidahkan filaria brancofti dari penderita ke tubuh Anda. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan obat nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Untuk mencegah penyebab penyakit kaki gajah, bersihkanlah air dalam bak kamar mandi secara rutin agar nyamuk dan panggillah petugas fogging untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan biakan nyamuk. Selain itu, Anda dapat menanam bunga lavender di halaman rumah untuk memperindah dan membuat aroma rumah Anda menjadi lebih wangi, namun nyamuk tidak menyukai aroma tersebut.

4. Cacing Filaria

Mungkin belum banyak yang tahu apa itu cacing filaria. Cacing tersebut merupakan cacing golongan nematoda yang memiliki bentuk seperti benang dan berwarna putih. Apabila Anda sudah terinfeksi cacing filaria melalui gigitan nyamuk, maka cacing tersebut akan hidup dan berkembang biak dengan baik di pembuluh getah bening pada tubuh Anda. Hal tersebut membuat bagian tubuh Anda menjadi bengkak akibat tersumbatnya aliran darah.

Penyakit kaki gajah bukan merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Meskipun demikian, penyakit tersebut dapat menjadi beban baik secara fisik maupun mental bagi Anda, karena berat tubuh Anda menjadi naik, sehingga susah untuk berjalan mupun beraktifitas seperti biasanya.

Demikianlah artikel mengenai penyebab penyakit kaki gajah. Semoga dengan ulasan di atas, Anda dapat mencegah penyebab penyakit tersebut dan selalu sehat sentosa.

Artikel Terkait:

Tags:

Related to: Penyebab Penyakit Kaki Gajah yang Biasanya di Anggap Sepele