Penyebab Trombosit Turun Dibawah Normal dan Cara Mengatasinya

May 21, 2017

Penyebab Trombosit Turun – Trombosit adalah salah satu komponen penting dalam darah manusia. Jumlah trombosit yang normal dalam darah berpengaruh bagi kesehatan tubuh manusia. Trombosit yang normal mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh Anda tidak mudah terkena infeksi atau gangguan penyakit lainnya. Seperti contoh, hal ini terjadi pada saat Anda terluka, trombosit akan berkumpul pada luka dan membeku sehingga luka pun tertutup. Kemudian, trombosit tersebut mengarahkan bakteri ke limpa. Bakteri akan dikepung dan dikalahkan oleh sel-sel dendritik yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh.

Selain itu, penyakit tertentu seperti demam berdarah juga dapat menyebabkan jumlah trombosit Anda menurun. Jika jumlah trombosit menurun, pastilah sistem kekebalan tubuh pun ikut melemah yang mengakibatkan Anda semakin tidak berdaya dalam melawan penyakit. Nah lalu apa lagi ya yang akan terjadi jika trombosit kita turun di bawah normal?

Penyebab Trombosit Turun Dibawah Normal

Penyebab Trombosit Turun

Sel darah putih (leukocytes) dan platelets (thrombocytes) – optical microscope, photomicrography.

 

Penurunan trombosit di bawah normal kerap diidentikkan dengan penyakit demam berdarah, padahal tidak selamanya demikian lho. Yuk simak apa saja sih penyebab trombosit turun dibawah normal.

  • Demam berdarah merupakan jenis kerusakan trombosit yang populer di masyarakat dan penyebab kerusakan trombosit yang menyebakan infeksi.
  • Tipes dapat menyebabkan infeksi.
  • Penyakit Immunologic Thrombocytopenia Purpura (ITP). Ini merupakan penyakit auto imun di mana zat anti yang dibentuk tubuh menyerang trombosit melalui mekanisme imunologi yang menyebabkan trombosit berkurang. Pada ITP, gejalanya bisa berupa bercak-bercak perdarahan di kulit, sementara pada DBD, penderita mengalami demam dan penurunan trombosit tapi berangsur normal dalam delapan hari. Jika (trombosit rendah) lebih dari delapan hari maka harus dipikirkan adanya kemungkinan yang lain, salah satunya adalah ITP.
  • Kasus Disseminated Intravascular Coagulation (DIC). Biasanya, ini terjadi pada pasien dengan penyakit sirosis hati, shock, infeksi kuman, serta penyakit lupus.
  • Trombosit menurun juga bisa dikarenakan produksi yang kurang. Biasanya terjadi pada penderita anemia aplastik. Anemia aplastik terjadi akibat trombosit dan leukosit yang rendah sehingga menyebabkan kekosongan pada sumsum tulang.
  • Penderita penyakit leukemia.
  • Penderita penyakit mielofibrosis.

Makanan Agar Trombosit Kita Kembali Normal

Penyebab Trombosit Turun

Efek dari trombosit turun

Berikut makanan yang dapat Anda konsumsi agarmenambah jumlah trombosit dalam darah.

  • Pepaya

Pepaya adalah buah terbaik yang dapat meningkatkan jumlah keping darah Anda. Selain buahnya, mengkonsumsi daun pepaya dengan direbus dipercaya dapat meningkatkan kadar trombosit Anda secara alami.

  • Delima

Buah berwarna merah ini kaya akan zat besi yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan jumlah trombosit. Selain itu delima juga kaya akan vitamin dalam melawan penyakit seperti demam berdarah.

  • Sayuran hijau

Dalam sayuran hijau mengandung vitamin K yang baik dikonsumsi untuk anda yang mengalami jumlah trombosit menurun. Seperti contoh, sawi, kailan, bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya.

  • Bawang putih

Selain baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, mengkonsumsi bawang putih juga dipercaya mampu menambah trombosit dalam tubuh Anda.

  • Hati

Baik hati ayam maupun sapi, keduanya bermanfaat untuk menambah jumlah trombosit atau keping darah Anda. Namun pastikan bahwa Anda telah memasaknya dengan benar sebab proses pemasakan yang salah malah dapat merusak kesehatan tubuh Anda.

  • Kismis

Buah-buahan kering seperti kismis mengandung 30% zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar trombosit secara alami.

  • Kurma

Selain kismis, kurma juga kaya akan zat besi serta nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk menambah trombosit secara alami.

  • Gandum utuh

Perlu dicatat nih, konsumsi gandum utuh lebih baik daripada mengkonsumsi nasi sebagai asupan karbohidrat Anda saat sakit. Sebab gandum kaya akan serat, nutrisi, mineral, vitamin yang baik untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh Anda.Selamat mencoba.

Tag : Trombosit turun, penyebab trombosit turun, Trombosit, trombosit rendah, penyebab trombosit rendah, trombosit menurun, penyebab trombosit turun dan cara mengatasinya, apa penyebab trombosit turun, apa penyebab trom, infeksi trombosit rendah, 

Artikel Terkait:

Tags: , ,

Related to: Penyebab Trombosit Turun Dibawah Normal dan Cara Mengatasinya