Sekarang Penyakit Batu Ginjal Penyembuhanya Tidak Perlu Operasi

May 21, 2017

Kabar baik di dunia kesehatan, khususnya bagi penderita batu ginjal karena saat ini telah ditemukan sebuah teknologi canggih di kedokteran yang dapat menyembuhkan batu ginjal tanpa operasi. Dulu, penanganan penyakit batu ginjal dilakukan dengan proses operasi pengangkatan sedangkan saat ini dapat dihancurkan melalui Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

“ESWL merupakan tindakan non-invasif (yaitu tanpa pembedahan) hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menghancurkan batu ginjal melalui gelombang suara kejut (bukan laser), dari upaya tersebut diharapkan batu ginjal akan hancur menjadi pecahan kecil-kecil dan juga halus sehingga dapat keluar melalui saluran kencing,” penjelesan dari dr Charles Martamba Hutasoit, SpU yang merupakan dokter spesialis urologi di Urology Center Siloam Hospitals Kebon Jeruk Jakarta.

batuginjal

ESWL disebut memiliki prinsip triple focus yang terdiri dari proses penghancuran batu ginjal lebih optimal. Dipercayai cara ini memiliki resiko radiasi minim dengan outline X-ray dan juga inline ultrasound (USG). Yang lebih luar biasa lagi adalah waktu yang diperlukan untuk tindakan ini hanya memerlukan sekitar 1 jam tanpa proses pembiusan. Charles mengungkapkan, tindakan dengan metode ESWL dipercaya efekti untuk ukuran batu yang kurang dari 2 cm. “Bila batu ginjal memiliki ukuran yang lebih besar maka prosesnya tidak cukup dengan satu kali,” ungkapnya.

Lalu timbul pertanyaan, apakah ketika dilakukan tindakan akan terasa sakit? Dr.Johanus W. Soelistyo, SpU mengatakan, pasien yang di-ESWL relative tidak merasa kesakitan. “Karena rasanya kurang lebih seperti dijepret karet. Pada mulanya pasien mungkin akan merasa terganggu namun kemudian pasien dapat beradaptasi. Dan bahkan banyak juga pasien yang ketiduran karena merasa seperti dipijit-pijit,” ungkapnya.

Dikarenakan dilakukan tanpa proses operasi pembedahan, tentu saja hal ini membuat pasien dapat menghemat biaya. Dari data SHKJ paket ESWL dihargai sekitar Rp. 8,5 juta. Paket tersebut sudah termasuk dengan jasa dokter, kamar untuk rawat sehari, obat dan juga alat kesehatan selama proses tindakan.

dr  Charles melanjutkan, masalah saluran kemih khususnya batu ginjal adalah 75 persen dari mayoritas kasus urologi di Indonesia. Anda perlu tahu bahwa batu ginjal terbentuk karena proses endapan Kristal yang umumnya berupa kalsium atau asam urat dan juga ditemukan se sepanjang saluran kemih. “Bila batu ginjal yang anda derita mulai menyebabkan nyeri, pendarahan, penyumbatan atau bahkan infeksi di saluran kemih, maka pasien sebaiknya melakukan ESWL untuk dapat mencegah penyakit selanjutnya,” jelasnya.

Sebatas informasi bahwa hingga mei 2016 jumlah pasien ESWL telah mencapai 567 orang.

Tag : pertanyaan tentang lithotrispy, beras kencur buat batu ginjal, Apaka batu ginjal bisa hancur dgn jeruk nipis dr ulurogi jkt, beras kencur untuk batu gunjal, dr urologi batu ginjal eswl pria obat peluntur/, ulurogi, www batu ginjal 2cm bisa keluar dgn renax dr ulurogi, www dr ulurogi batu ginjal, 

Artikel Terkait:

Tags: ,

Related to: Sekarang Penyakit Batu Ginjal Penyembuhanya Tidak Perlu Operasi