Tanpa Disadari Inilah 4 Ciri Ciri Penyakit Kuning

15 December 2017 13:15
December 15, 2017

Ciri Penyakit kuning atau hepatitis Biasanya disebabkan oleh meningkatnya kadar bilirubin pada tubuh. Orang dewasa pun bisa terserang penyakit ini.

Penyakit kuning atau dalam bahasa kedokteran disebut icterus dapat dikenali dengan perubahan pada warna kulit, sclera atau bagian putih pada mata, dan kelenjar ludah. Penyakit ini sering menyerang bayi atau anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Pencegahan penyakit kuning biasanya diberikan dengan cara imunisasi balita secara berkala.

Penyakit ini lebih sering menjangkiti bayi terutama bayi yang baru saja lahir. Namun sebagian besar orang menganggap hal tersebut wajar terjadi karena setelah bayi diberi ASI, warna kuning pada kulit akan hilang secara perlahan. ASI dikenal sebagai obat penyakit kuning pada bayi yang paling ampuh karena mengandung zat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi.

Ciri penyakit kuning ( Hepatitis ) Mulai Menjangkiti Anda

Ciri penyakit kuning

1. Urine Kuning

Ciri pertama yang menandakan seseorang menderita hepatitis yaitu urine yang berwarna kuning pekat. Ciri yang satu ini baru akan disadari ketika sudah terjadi dalam jangka waktu yang lama. Urine yang berwarna kuning bisa menjadi penanda bahwa tubuh kekurangan asupan cairan sehingga konsentrasi residu menjadi berwarna pekat.

Warna kuning pada urine wajar terjadi di pagi hari saat setelah bangun tidur, karena waktu tidur tubuh tidak mendapat asupan cairan seperti saat siang hari. Namun jika setiap kali buang air kecil urine berwarna kuning pekat, tandanya kesehatan tubuh sedang terganggu. Untuk menghindari bahaya penyakit kuning, sebaiknya periksakan pada dokter agar mendapatkan pertolongan seegera mungkin.

2. Gangguan Pencernaan

Penyakit kuning yang diderita oleh seseorang biasanya ditandai dengan gangguan pencernaan. Pada awalnya, penderita akan mengalami gangguan nafsu makan dalam jangka waktu yang cukup lama, kemudian setelahnya diiringi dengan perubahan warna urine maka perlu di waspadai bahwa ia menderita penyakit kuning. Mengkonsumsi makanan untuk penyakit kuning bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan namun tetap harus dalam pengawasan dokter.

Selain gangguan nafsu makan, hepatitis juga ditandai dengan muntah. Jika penderita sering muntah dan mengalami ciri-ciri hepatitis lain yang sudah disebutkan diatas maka segera hubungi dokter untuk mencegah bahaya hepatitis yang bisa menyerang fungsi hati dan organ tubuh lainnya.

3. Nyeri Persendian

Nyeri sendi yang terjadi dalam kurun waktu yang lama bisa menjadi tanda sudah terserang penyakit kuning. Ketika sendi terasa nyeri, segera minum obat tradisional penyakit kuning tujuannya untuk mencegah penyebaran virus hepatitis. Namun jika nyeri sendi sudah dibarengi dengan gejala lain seperti muntah, sklera berwarna kuning, dan perubahan warna kulit sebaiknya jangan meminum obat herbal, karena dikhawatirkan konsumsi obat tidak sesuai.

Nyeri sendi yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan seseorang menjadi mudah lelah, tidak fit dan maksimal dalam menjalankan aktifitas. Jika anda mengalami nyeri sendi tapi tidak dibarengi dengan gejala hepatitis lain, maka penanganannya cukup dengan mengkonsumsi suplemen vitamin agar tubuh kembali segar.

4. Perubahan Warna Kulit Dan Mata

Ciri penyakit kuning

Ciri paling dominan dari hepatitis yaitu perubahan pada warna kulit dan mata. Jika penyakit kuning belum terlalu parah, biasanya kulit hanya nampak pucat.

Sehingga tidak sedikit orang mengabaikannya karena menganggap hanya mengalami anemia. Orang baru akan menyadari ketika tubuh sudah semakin lemah karena banyak gejala lain serta warna kulit sudah memasuki warna kuning tua.

Vaksin atau imunisasi terhadap penyakit kuning dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit kuning pada bayi atau balita. Vaksin tersebut biasanya diberikan oleh pihak rumah sakit secara berkala. Selain itu, tujuan diberikannya imunisasi hepatitis pada bayi dan balita yaitu untuk mengurangi angka penderita hepatitis di Indonesia.

Tag : ciri ciri penyakit kuning, sakit kuning, ciri penyakit kuning, ciri-ciri penyakit kuning, ciri ciri orang sakit kuning, ciri ciri sakit kuning, Ciri penyakit kuning yang sudah berbahaya, sakit kuning mulai hilang melalui apa, ciri ciri penyakit kuning/ hepatitis, ciri ciri penyakit hepatitis kuning, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , ,

Related to: Tanpa Disadari Inilah 4 Ciri Ciri Penyakit Kuning