Tidak Hanya Menimbulkan Bau tidak sedap ini Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

5 March 2018 13:22
March 5, 2018

Manfaat jengkol untuk kesehatan sangatlah penting sekali mengingat banyak sekali zat zat penting untuk tubuh yang terkandung dalam buah jengkol ini maka dari itulah semua manusia dianjurkan mengkonsumsi jengkol tetapi tetap dengan porsi secukupnya sebab jika kelebihan mengkonsumsi jengkol juga berdampak negative seperti dapat menyebabkan jengkolan. Jengkol adalah termasuk dalam keluarga kacang kacangan yang berasal dari asia tenggara dan jengkol ini memiliki bau yang sangat menyengat sekali tetapi meskipun memiliki bau menyengat namun jengkol ini memiliki rasa sangat lezat apalagi dimasak dengan menggunakan sambal, rendang, kari, dan terutama sebagai semur kecap manis.

Jengkol memiliki nama lain yaitu Archidendron pauciflorum yang merupakan tanaman polong polongan yang bentuknya gepeng dililit membentuk spiral, berwarna coklat lembayung tua dan biji dari buah jengkol ini berkulit ari tipis mempunyai warna coklat mengkilap. Jika mengkonsumsi buah jengkol ini jangan heran jika akan membuat urin memiliki bau yang tidak sedap karena itu adalah efek dari mengkonsumsi jengkol tersebut terutama jika dimakan dengan segar seperti lalapan. Pohon jengkol ini bisa tumbuh mencapai ketinggian 10-26 meter dan selain memiliki rasa yang sangat enak jika dikonsumsi jengkol ini juga memiliki manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh manusia.

Beberapa Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

buah jengkol

Manfaat jengkol untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi karena sudah banyak penelitian penelitian dari dunia menyatakan bahwa jengkol mengandung banyak sekali zat zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia bahkan diantaranya dapat menangkal penyakit penyakit yang tergolong sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat dari jengkol :

  1. Pembentukan jaringan tubuh

Manfaat dari mengkonsumsi jengkol salah satunya adalah pembentukan sel sel jaringan tubuh karena tanaman jengkol banyak mengandung protein sedangkan fungsi dari protein sendiri untuk pembentukan sel sel tubuh serta pembentukan kembali sel sel tubuh yang dulu mengalami kerusakan dan akan dibentuk kembali oleh zat protein ini. Kandungan zat protein yang terkandung pada jengkol sangatlah besar bahkan lebih besar dari kandungan protein dalam kacang kedelai yang menjadi bahan baku dari makanan temped an tahu.

  1. Mencegah penyakit anemia

Manfaat jengkol untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya penyakit anemia karena jengkol banyak mengandung zat besi yang berfungsi untuk mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh manusia. Jika tubuh mengalami kekurangan zat besi maka secara otomatis produksi sel darah merah pun akan berkurang yang berakibat kurangnya suplai oksigen ke dalam organ tubuh lainnya. Kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi pada sel sel akan mengurangi kinerja sel tubuh yang dapat menyebabkan penyakit anemia. Selain anemia orang orang yang mempunyai kekurangan zat besi juga akan mengalami tubuh merasa lemas dan menurunnya konsentrasi akibat kelelahan.

  1. Mencegah tulang keropos atau osteoporosis

Selain mengandung protein dan zat besi yang bermanfaat untuk tubuh manusia jengkol juga mengandung kalsium dan fosfor yang berfungsi juga untuk mencegah tulang keropos atau osteoporosis. Sehingga jika mengkonsumsi jengkol dengan porsi cukup maka dapat membuat tulang kuat tidak akan terjadi keropos. Selain untuk kekuatan tulang zat zat yang terkandung di dalam jengkol juga dapat menguatkan gigi karena kandungan dari fosfor tersebut. Dengan semua manfaat tersebut dianjurkan bagi semua masyarakat agar mengkonsumsi jengkol terutama para lanjut usia.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Tidak Hanya Menimbulkan Bau tidak sedap ini Manfaat Jengkol untuk Kesehatan