Tingkatan dan Efek Samping Obat Depresi Bagi Tubuh Manusia

3 January 2018 06:03
January 3, 2018

Efek samping obat depresi bagi tubuh manusia sangatlah banyak dan berbahaya bagi kesehatan tubuh oleh karena itulah hendaknya menghindari mengkonsumsi obat ini jika tidak mendesak diperlukan atau pada saat menderita depresi berat.

Depresi adalah salah satu gangguan medis yang tidak bisa disepelekan karena jika tidak ditangani secara cepat dan tepat maka akan berakibat sangat fatal seperti kematian bagi penderitanya.

Karena depresi adalah salah satu penyakit yang tergolong berbahaya maka perlu ditangani dengan penanganan khusus yang aman serta terjamin.

Salah satu obat yang dapat mengurangi depresi dengan cepat yakni dengan menggunakan obat anti depresan tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi obat tersebut tidak baik untuk tubuh karena obat ini juga mengandung efek samping obat depresi sehingga akan berdampak negative bagi tubuh.

Berbagai macam tingkatan depresi

depresi

Depresi tidak bisa disamakan dengan penyakit penyakit lainnya karena depresi adalah salah satu penyakit khusus tidak seperti penyakit umum pad umumnya. Ada beberapa depresi yang dapat menyerang manusia  namun setiap orang mengalami tingkat depresi yang berbeda serta menunjukkan reaksi depresi yang berbeda pula. Berikut adalah beberapa tingkatan depresi pada manusia :

  1. Depresi ringan

Pada umumnya depresi ringan dapat dipicu oleh kejadian kejadian yang membuat seseoarng mengalami stress sehingga muncullah kegelisahan dan kemurungan yang akan membuat suasana dalam hati menjadi sangat buruk dalam waktu yang sangat lama serta dapat menghambat penderita untuk beraktivitas sehari hari seperti bekerja, sekolah,dan berkonsentrasi. Depresi ini termasuk dalam golongan depresi ringan sehingga tidak memerlukan peran dari obat antidepresan sebab obat ini bisa diminum jika mendesak saja karena efek samping obat depresi sangat tinggi bagi tubuh penderita.

  1. Depresi sedang

Selain dapat terserang depresi ringan manusia juga bisa terserang depresi dengan tingkatan lebih tinggi yakni depresi tingkat sedang sehingga akan berakibat mulai merasakan tanda tanda fisik seperti pola makan tidak teratur, tidur juga tidak teratur, tubuh penderita menjadi sangat lemas serta tidak berdaya, dan ekspresi wajah menjadi kosong atau murung. Untuk mengatasi serangan depresi sedang ini bisa langsung berkonsultasi dengan dokter karena pada serangan depresi tingkat sedang ini diperlukan peran dari obat anti despresan sehingga perlu resep dokter untuk mengetahui dosis yang aman bagi tubuh kita karena efek samping obat depresi sangat tinggi bagi kesehatan tubuh.

  1. Depresi berat

Tingkatan serangan depresi yang sangat tinggi yakni serangan depresi tingkat berat karena pada kasus depresi tingkat berat ini membuat penderita tidak bisa lagi menjalankan fungsi normal anggota badan manusia sehingga sudah tidak bisa untuk melakukan aktivitas sehari hari seperti menjaga kebersihan tubuh, menjaga kesehatan tubuh, bekerja, sekolah, bersosialisasi, dan berkendara. Jika penderita depresi sudah memasuki tingkat depresi berat maka akan memiliki kecenderungan untuk mengurung diri sendiri dan yang lebih parahnya lagi penderita dari depresi berat dapat melakukan percobaan bunuh diri.

Efek samping obat depresi

Obat antidepresan adalah salah satu obat yang dapat menyembuhkan penderita depresi meskipun memerlukan waktu lama untuk mendapatkan manfaat dari obat ini sekitar 1 sampai 2 bulan setelah itupun dianjurkan untuk tidak langsung menghentikan mengkonsumsi obat tersebut karena penderita masih harus mengkonsumsi obat ini selama 1-2 tahun. Namun sayang sekali dengan mengkonsumsi obat ini juga memberikan efek samping negatif bagi tubuh seperti mual, pusing, gemetar, dan berkeringat.

Tag : bawang dayak untuk depresi, obat depresi berat berbahaya, obat apa yang berbhaya bagi tubuh, manfaat obat depresi, manfaat fucoidan untuk depresi, efek samping obat ke makanan bagi tubuh, efek samping obat depresi, efek negatif setelah depresi, dampak minum obat depresi, tingkat bahaya obat, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , ,

Related to: Tingkatan dan Efek Samping Obat Depresi Bagi Tubuh Manusia