Tips Kesehatan Mata Secara Sederhana

5 June 2018 13:10
June 5, 2018

Adanya informasi mengenai tips kesehatan mata merupakan hal yang berguna dan wajib dipahami oleh setiap orang karena mata memegang peranan penting dalam kehidupan. Mata merupakan jendela dunia dan menjaga kesehatan mata merupakan sebuah poin penting bagi siapa saja yang ingin melihat segala keindahan dunia dengan lebih baik. Adanya ketidaknyamanan pada mata juga kerap diabaikan dan disepelekan oleh sebagian orang. Untuk itulah informasi berikut ini merupakan wadah bagi Anda agar senantiasa menjaga mata dari segala jenis penyakit.

Tips Kesehatan Mata Dimulai dari Diri Sendiri

kesehatan mata

Kesehatan tubuh, terutama mata merupakan hal yang wajib dijaga dan menjadi tanggung jawab diri sendiri. Untuk itulah, Tips Kesehatan Mata yang umumnya diulas di berbagai sumber pasti akan menyarankan Anda agar mulai memperbaiki kebiasaan sehari-hari serta pola hidup tidak sehat yang masih dijalani hingga saat ini. Berikut adalah uraian mengenai langkah yang harus ditanamkan sejak saat ini demi menjaga kesehatan mata.

Berolahraga Rutin

Bukan hanya untuk mendapatkan tubuh yang sehat, namun dengan rutin berolahraga, maka Anda juga akan mendapatkan mata yang sehat. Hal ini disebabkan karena dengan lancarnya sistem peredaran darah dalam tubuh, maka hal itu dapat memperbaiki penglihatan. Bayangkan saja jika seseorang malas berolahraga dan terkena tekanan darah tinggi ataupun penyakit diabetes. Kedua penyakit itu akan berujung pada berkurangnya kemampuan penglihatan maupun dapat menimbulkan kebutaan. Terutama jika penyakit tersebut telah mengalami berbagai komplikasi.

Membuang Make Up Mata dan Tidak Meminjam atau Meminjamkan Orang Lain

Membuang make up yang sudah kadaluarsa atau telah 3 bulan digunakan merupakan salah satu tips kesehatan mata yang sulit dilakukan bagi wanita. Rasa sayang untuk membuangnya kerap muncul dan menjadi masalah baru terutama jika dipinjamkan ke orang lain. Meminjam atau meminjamkan make up merupakan salah satu pemicu munculnya berbagai penyakit menular. Hal itu disebabkan karena umumnya make up pada mata merupakan make up berbentuk cair atau krim sehingga mudah menjadi wadah perkembangbiakan bakteri.

Memakai Kacamata Hitam atau Jenis Lainnya di Siang Hari

Masih sedikit orang yang memahami tentang tips kesehatan mata yang satu ini. Banyak orang mengira hal itu hanya untuk sekedar gaya. Namun akan tetapi, menggunakan kacamata hitam di siang hari yang terik terbukti dapat melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet. Adanya paparan sinar ultraviolet dapat membuat seseorang terkena penyakit katarak, kornea terbakar, maupun kanker kelopak mata. Jadi sebaiknya Anda mulai untuk menggunakan kacamata hitam atau jenis lainnya yang dapat memblokir sinar UVA dan UVB di siang hari demi kesehatan mata.

Tidak Terlalu Lama di Depan Komputer

Menjaga kesehatan mata dimulai dari kedisiplinan diri sendiri terutama disiplin untuk membatasi aktivitas di depan komputer sehari-hari. Jika memang untuk urusan pekerjaan, sebaiknya Anda memberi istirahat kepada mata setiap 20 menit sekali. Tidak lupa arahkan pandangan sejauh 6 meter selama 20 detik. Hal ini bertujuan untuk menghindari ketegangan pada mata. Adapun cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali.

Mengedipkan mata juga perlu dilakukan ketika mata mulai terasa kering. Menatap layar komputer terlalu lama dapat membuat pandangan mata menjadi kabur dan sulit untuk fokus melihat jarak jauh. Ternyata hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya seperti leher, punggung, dan bahu.

Mata yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Siapkan diri Anda untuk mendapatkan mata yang lebih sehat hanya dengan mulai melakukan tips kesehatan mata tersebut tanpa perlu mengunjungi dokter.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Tips Kesehatan Mata Secara Sederhana