Tips Melahirkan Normal Bagi Ibu Muda yang Perlu Dilakukan

14 May 2018 09:39
May 14, 2018

Proses persalinan dapat lancar apabila Anda mengikuti tips melahirkan normal yang banyak direkomendasikan. Sebagai seorang ibu yang baru akan menjalankan kelahiran untuk pertama kalinya, pastinya belum banyak pengalaman.

Tak jarang hal ini bisa membuat psikis Anda terganggu, karena terlalu membayangkan hal mengerikan saat proses keluarnya bayi dari rahim ibu. Anda tak perlu merasa khawatir supaya persalinan berjalan normal. Selain itu, lakukan beberapa tips untuk membantu kelahiran Anda secara normal dan agar tidak mengalami kesulitan dari mulai awal kontraksi sampai selesai.

Inilah 5 Tips Melahirkan Normal yang Wajib Anda Ketahui

melahirkan normal

Ada banyak tips melahirkan normal yang dapat Anda lakukan. Tips-tips ini umumnya merupakan rangkuman pengalaman dari para ibu hamil, supaya dapat dijadikan pelajaran bagi ibu-ibu lainnya. Meskipun terbilang sangat sederhana, tapi tips yang ada di berbagai media memang cukup membantu, apalagi untuk ibu muda yang sebelumnya belum pernah mengalami proses persalinan.

Tips melahirkan secara normal memang sangat didambakan bagi hampir sebagian besar ibu. Proses ini memang tidak mudah untuk dilakukan, tapi ada kebanggaan tersendiri setelah berjuang secara normal untuk melahirkan buah hati kesayangannya.

Proses melahirkan dengan operasi caesar memang pada awalnya tidak terasa begitu sakit. Hal ini dikarenakan bidan atau dokter memakai obat penghilang rasa sakit. Namun, itu tidak berlangsung lama, setelah efek bius hilang maka Anda baru akan merasakan sakit yang luar biasa. Apalagi penyembuhannya juga lebih lama. Beberapa hal tersebut yang menjadi bahan pertimbangan bagi para ibu untuk melahirkan secara normal. Tenang saja, Anda bisa mewujudkannya dengan beberapa tips melahirkan normal di bawah ini.

Hindari Kelelahan Secara Berlebihan

Kondisi ibu hamil sangat sensitif sekali. Selama kehamilan dari trimester awal sampai mendekati kelahiran, usahakan untuk tidak terlalu kelelahan. Kelelahan dapat membuat ibu hamil mengalami kesulitan saat proses kelahiran. Hal ini tambah parah apabila Anda mengalami stress, sehingga tidak mengganggu kondisi ibu saja, tapi juga bayi yang ada dalam kandungan. Istirahatlah cukup sampai mendekati proses persalinan.

Melakukan Persiapan

Persiapan yang dimaksud adalah kelenturan otot mulut rahim supaya bayi Anda mudah untuk dikeluarkan. Anda bisa melakukan gerakan jongkok ataupun senam kegel. Gerakan ringan semacam ini dapat membantu bayi berpindah ke posisi tepat untuk keluar dan menghindari posisi sungsang. Anda bisa mengikuti senam ibu hamil atau meminta bantuan kepada pasangan agar bisa dibantu.

Pemilihan Tempat Persalinan

Tips melahirkan normal selanjutnya yakni lokasi persalinan. Pasalnya, tempat yang dipakai untuk melahirkan sangat berpengaruh pada prosesnya. Carilah tempat yang agak lebar supaya Anda dapat dengan leluasa bergerak. Hal terpenting lainnya adalah pemilihan tempat bersalin yang memiliki peralatan medis yang lengkap.

Menggunakan Efek Aroma Terapi

Tips melahirkan normal satu ini sekilas tampak aneh. Akan tetapi, tips ini memang bisa membuat rileks dan efek ketenangan untuk menghadapi trauma saat melahirkan. Anda bisa memakai aroma terapi yang soft dan tidak terlalu menyengat.

Tidak Mengangkat Pantat

Tips yang terakhir yaitu tidak mengangkat pantat saat proses melahirkan. Mengangkat pantat justru dapat merobek jalan keluar bayi. Tentu Anda pasti akan membutuhkan banyak jahitan. Posisikan tubuh Anda sewajarnya saja dan ikuti aba-aba tim medis yang bertugas.

Tips melahirkan normal seperti yang sudah diulas di atas, tampaknya sangat sederhana sekali. Namun, Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran sebagai upaya persiapan menjalankan.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: ,

Related to: Tips Melahirkan Normal Bagi Ibu Muda yang Perlu Dilakukan