Tips Menambah Berat Badan Secara Alami, Saatnya Menjaga Berat Idealmu

9 April 2018 09:46
April 9, 2018

Tips menambah berat badan perlu Anda ketahui ketika banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara diet, namun Anda justru ingin menaikkan berat badan karena berat yang tidak seimbang. Terkadang memiliki tubuh kurus tidak selalu bagus dan membuat orang tidak percaya diri. Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk. Tubuh yang kurus tidak hanya masalah ketidakidealan berat badan tetapi juga bisa menjadi pertanda adanya masalah dalam tubuh.

Tips Menambah Berat Badan dengan Cara Alami dan Aman

menambah berat badan

Berbagai faktor penyebab tubuh kurus di antaranya genetika, adanya penyakit tertentu, aktivitas fisik, ketergantungan terhadap obat-obatan, atau karena masalah psikologis. Namun apa pun penyebab tubuh kurus, Anda tetap bisa membuat tubuh menjadi ideal dengan menambah berat badan dengan cara yang tepat. Berikut tips menambah berat badan secara alami:

Makan makanan sehat dan kaya nutrisi

Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan kandungan gula yang tinggi. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin, gizi, mineral, dan nutrisi. Makanan yang sehat dan kaya nutrisi misalnya sayur-sayuran, buah-buahan, tempe, tahu, dll. Gizi dan nutrisi yang terdapat dalam makanan sehat tersebut akan membantu Anda meningkatkan berat badan.

Makan dengan porsi cukup

Makan dengan porsi cukup

Jika Anda ingin berat badan naik, maka makanlah dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Makan dengan sering dan porsi kecil akan lebih baik. Misalnya makan 5 hingga 6 kali sehari dengan porsi cukup akan lebih baik daripada 2 atau 3 kali sehari dengan porsi yang besar.

Olahraga secara rutin

Tips menambah berat badan selanjutnya yaitu lakukan olahraga rutin minimal 3 kali seminggu. Olahraga akan membentuk otot dan melatih kekuatan tubuh Anda serta juga dapat menambah nafsu makan. Olahraga secara rutin dapat dikombinasikan dengan mengkonsumsi susu yang memiliki protein tinggi karena akan menambah massa otot.

Istirahat cukup

Istirahatlah dengan cukup minimal 8 jam dalam satu hari. Jangan berlebih dan jangan kurang istirahat. Waktu tidur Anda harus memiliki kualitas yang baik yaitu dengan istirahat cukup. Kualitas tidur yang tidak teratur akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak berfungsi dengan baik. Bila Anda tidur istirahat dan bangun dengan tepat waktu, itu dapat meningkatkan berat badan Anda. istirahat dengan cukup merupakan tips menambah berat badan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Secara garis besar itulah beberapa cara untuk dapat meningkatkan berat badan Anda. Selain cara di atas, Anda juga bisa menambahkan kalori setiap makan. Rutin mengkonsumsi jus atau smoothies juga akan membantu Anda menambah berat badan.

Jika Anda gemar memakan cemilan, maka cemilan yang cocok untuk Anda yaitu camilan sehat seperti jagung rebus, kurma, kacang kedelai, dan sebagainya. Minum di saat Anda makan atau 30 menit setelah makan akan membuat Anda terhindar dari rasa kenyang sebelum makanan itu habis sehingga tubuh dapat meningkatkan kemampuannya untuk menyerap kalori.

Jika cara yang telah dijelaskan di atas tidak juga berhasil membuat Anda bertambah berat badan, lebih baik Anda berkonsultasi ke dokter yang spesialis gizi untuk mengetahui bagaimana meningkatkan berat badan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Demikian informasi mengenai tips meningkatkan berat badan secara alami dan aman. Semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang memiliki tubuh kurus dan ingin menjadi ideal.

 

Tag : yhsm-cheetah_067, 

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , , ,

Related to: Tips Menambah Berat Badan Secara Alami, Saatnya Menjaga Berat Idealmu