Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Pastikan Kondisi Anda Aman

21 May 2018 15:08
May 21, 2018

Tips menurunkan tekanan darah tinggi perlu Anda ketahui khususnya bila Anda memiliki penyakit Hipertensi. Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu penyakit yang muncul secara tiba-tiba. Anda bisa mengetahui apakah Anda memiliki darah tinggi atau tidak hanya dengan mengukur tekanan darah. Pada umumnya ketika Anda memiliki tekanan darah tinggi maka Anda akan merasakan sakit kepala serta pusing yang luar biasa dan tentunya ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasinya.

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami dan Ampuh

tekanan darah

Biasanya penyebab seseorang terkena tekanan darah tinggi yaitu karena faktor makanan yang dikonsumsinya sehari-hari. Jenis makanan yang mengandung banyak kandungan gula, garam, lemak. Maka dari itu, jenis makanan tersebut harus Anda hindari apabila ingin menurunkan atau menormalkan tekanan darah. Untuk menurunkan tekanan darah maka Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang mampu menormalkan penyakit tersebut. Berikut tips menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat Anda lakukan:

Menerapkan pola makan sehat

Jika Anda ingin tekanan darah turun kembali normal maka Anda harus banyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan minum susu dengan rendah lemak. Anda juga harus meningkatkan nutrisi dengan mengonsumsi makanan dengan bahan dari biji-bijian, unggas, ikan, atau kacang-kacangan. Jangan makan yang mengandung banyak garam, makanan manis, dan juga daging merah. Hindari memakan makanan berlemak jenuh dan lemak trans serta makanan yang memicu kolesterol.

Mengonsumsi susu dan yoghurt

Tips menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya yaitu susu baik Anda konsumsi dengan memilih susu rendah lemak dan kaya akan kalsium. Anda juga bisa menggunakan yoghurt apabila tidak suka dengan susu.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari gandum dimana gandum merupakan makanan yang bisa menormalkan tekanan darah. Oatmeal juga kaya akan serat, lemak yang rendah, dan kandungan garam atau natrium yang rendah pula.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat Anda gunakan untuk menormalkan tekanan darah tinggi. Minyak zaitun mengandung polifenol yang dapat mengurangi nilai tekanan darah pada tubuh Anda.

Buah pisang

Pisang tidak hanya enak dan digemari banyak orang tetapi juga bermanfaat bagi tubuh Anda salah satunya menjadi tips menurunkan tekanan darah tinggi. Pisang mengandung potasium yang tinggi sehingga dapat membantu tekanan darah Anda tetap stabil. Anda bisa memakan buah pisang ini secara utuh maupun dicampur dengan makanan oatmeal yang dapat disajikan saat sarapan pagi.

Ikan

Makanan laut juga dapat digunakan untuk menormalkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi ikan salmon dimana dalam ikan tersebut terdapat kandungan omega 3. Asam dari omega 3 ini dapat menormalkan tekanan darah.

Buah bit

Buah ini mengandung nitrat yang dapat membantu Anda menormalkan tekanan darah yang tinggi. Sebuah penelitian pun membuktikan bahwa buah bit yang dijadikan jus dapat menurunkan darah tinggi hanya dengan waktu singkat yaitu satu hari satu malam.

Itulah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat di atas. Selain hal-hal tersebut, Anda juga harus rutin mengukur tekanan darah.

Anda dapat mengukur tekanan darah Anda sendiri di rumah dengan menggunakan alat atau bila perlu konsultasikan masalah tersebut kepada dokter. Demikian tips menurunkan tekanan darah tinggi yang telah dijelaskan.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , , , ,

Related to: Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Pastikan Kondisi Anda Aman