Tips Tidur Nyenyak Tidaklah Sulit Dilakukan, Insomnia Baca Ini Segera

4 June 2018 11:40
June 4, 2018

Tips tidur nyenyak tentu bermanfaat untuk membantu seseorang menjadi lebih sehat dan memiliki hari-hari yang berkualitas. Pasalnya, kurang tidur dapat menyebabkan kecelakaan kerja dan munculnya berbagai risiko penyakit berbahaya. Penggunaan obat-obatan untuk membantu tidur nyenyak tentulah bukan tanpa efek samping. Sebaiknya Anda mencari cara yang jauh lebih aman untuk dapat tidur nyenyak dengan mudah setiap hari.

Tips Tidur Nyenyak Tanpa Obat-Obatan

tidur nyenyak

Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika seseorang harus mengambil jalan pintas hanya untuk mendapatkan tidur yang nyenyak seperti penggunaan obat-obatan. Tidak hanya beragam efek samping, namun juga hal-hal yang bersifat ketergantungan pun menjadi sebuah bahaya yang lambat laun akan sulit untuk diatasi. Sebaiknya cobalah tips tidur nyenyak berikut ini yang terbukti aman dan mudah dilakukan setiap hari serta tentu saja efektif bagi segala usia.

Menjauhi Olahraga Berat Sebelum Tidur

Olahraga memang dianjurkan untuk dilakukan sebelum tidur, namun itu berlaku untuk olahraga ringan. Jika melakukan olahraga berat, maka akan dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk menenangkan diri dan terlelap, namun hal itu tidak berlaku dengan aktivitas seksual. Contoh olahraga ringan yang dapat membantu tidur nyenyak adalah yoga.

Membatasi Tidur Siang

Tips tidur nyenyak selanjutnya adalah membatasi tidur siang karena terlalu lama tidur siang dapat membuat Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari. Tidur siang yang baik hanyalah selama tidak lebih dari 25 menit. Namun akan lebih baik untuk tidak tidur siang dan kegiatan tersebut diganti dengan membaca buku maupun berolahraga ringan atau mengobrol. Hal ini tidak berlaku bagi bayi dan anak-anak karena kebutuhan jam tidur mereka lebih banyak dari orang dewasa. Jadi jika bayi dan anak-anak tidur siang dengan waktu yang lebih dari setengah jam, hal itu tidak akan membuat mereka kesulitan tidur di malam hari.

Menghindari Kopi dan Rokok Sebelum Tidur

Kopi mengandung kafein yang dapat membuat seseorang menjadi sulit mengantuk. Sekalipun memaksakan tidur, maka yang akan didapatkan adalah kondisi sering terbangun di malam hari. Demikian pula dengan rokok yang mengandung nikotin juga dapat menyebabkan kesulitan tidur.

Membuat Jadwal Tidur yang Tetap

Tips tidur nyenyak menggunakan metode body alarm telah disarankan oleh banyak ahli medis. Terdapat berbagai cara untuk membentuk body alarm dan salah satunya adalah dengan membuat pencahayaan yang redup ketika hendak tidur dan pergi tidur di jam yang sama setiap hari. Cara ini juga sangat efektif untuk dilakukan pada bayi dan anak-anak.

Menghindari Makanan Berat Sebelum Tidur

Terkadang banyak orang berpikir bahwa dengan makan berat sebelum tidur maka nantinya tidak akan terbangun tengah malam karena kelaparan. Hal itu juga banyak ditanamkan oleh para orang tua ke anak-anak mereka. Padahal dengan makan makanan berat sebelum tidur hanya dapat membuat seseorang mengalami kesulitan tidur akibat sistem pencernaan yang harus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.

Menghindari Menonton Televisi di Kamar Tidur

Percaya atau tidak ternyata televisi dapat membuat pikiran Anda menjadi tidak santai. Waktu untuk tidur adalah waktu yang dibutuhkan untuk merilekskan pikiran dan jangan pula mengganti televisi dengan streaming maupun segala aktivitas online di atas kasur. Sebisa mungkin cobalah untuk benar-benar membuat tempat tidur menjadi sebuah wadah untuk mengistirahatkan fisik dan mental.

Memulai untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur memang bukan perkara mudah. Namun jika Anda berhasil dalam menjalani tips tidur nyenyak tersebut, maka hari-hari yang dilalui akan semakin berkualitas dan penuh energi.

Artikel Terkait:

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tags: , , , ,

Related to: Tips Tidur Nyenyak Tidaklah Sulit Dilakukan, Insomnia Baca Ini Segera