Tips Untuk Melancarkan Air Susu Ibu ( ASI )

November 4, 2017

Tips Melancarkan ASI – Seorang ibu yang baru melahirkan akan memproduksi ASI untuk si bayi dengan sendirinya. Bagi ibu yang baru sekali melahirkan maka kisaran tiga sampai dengan empat hari, ASI tersebut akan mulai terproduksi. Sedangkan untuk seorang ibu yang sudah pernah melahirkan sebelumnya, maka produksi dari ASI tersebut akan terjadi lebih cepat.

ASI sendiri menjadi salah satu unsur penting pertama yang harus didapatkan oleh si bayi. Maka daripada itu memilih Makanan Untuk Memperbanyak ASI juga merupakan sebuah tindakan penting yang harus dilakukan oleh para ibu.

ASI yang banyak dengan kandungan nutrisi yang cukup akan membuat si bayi tumbuh dengan optimal. Beberapa Makanan Untuk Memperbanyak ASI ini dapat menjadi salah satu referensi kepada para ibu yang sedang menyusui agar dapat menghasilkan ASI sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh bayinya.

Makanan pertama yang harus di konsumsi sang ibu adalah Sayuran yang berwarna hijau tua. Sayuran berwarna hijau tua ini memiliki jumlah kalsium, folat, betakaroten, riboflavin dan juga zat besi yang sangat tinggi. Nutrisi nutrisi ini terutama zat besi, adalah nutrisi yang berdasarkan penelitian diungkap akan memberikan suplai ASI berlimpah kepada si bayi.

makanan memperbanyak asi

Mengkonsumsi kurma juga merupakan salah satu makanan yang dapat menjadi faktor suplai ASI berlimpah. Kandungan kalsium yang besar pada kurmalah yang mampu menaikkan hormon prolaktin, dimana dari hormon inilah ASI yang dihasilkan oleh sang ibu akan berlimpah. Selanjutnya adalah mengkonsumsi Gandum atau Oat, Ikan Salmon, Serta Kacang kacangan.

Beberapa makanan tersebut mampu memberikan supplai ASI sesuai dengan yang dibutuhkan oleh sang bayi. Selain itu, beberapa makanan tersebut juga mampu berikan nutrisi lengkap kepada sang bayi agar bayi dapat tumbuh secara optimal. Kebutuhan akan banyak ASI dan juga khualitas yang baik dari ASI tersebut akan mampu memberikan dasar metabolisme yang sangat penting untuk perkembangan si bayi.

Tips Untuk Melancarkan ASI Selain Konsumsi Makanan

makanan memperbanyak asi

Meskipun makanan juga merupakan faktor penting untuk bisa menghasilkan banyak ASI yang berkhualitas. Beberapa hal ini juga dapat membantu para ibu menyusui agar bisa mendapatkan produksi ASI yang berlimpah sesuai dengan kebutuhan si bayi. Langkah langkah untuk memperbannyak ASI tersebut diantaranya adalah :

  • Dengan menyusui secara lebih sering, maka hal ini akan dapat meningkatkan supplai ASI yang didapatkan oleh sang bayi selama dua sampai dengan empat hari ke depan. Selain itu juga, durasi menyusui yang semakin lama dapat jadi cara untuk meningkatkan produksi ASI.
  • Selanjutnya adalah memastikan bahwa ASI pada satu bagian payudara telah kosong sebelum sang ibu memindahkan bayinya ke payudara yang sebelah.
  • Memijat payudara dapat memberi efek rileks kepada sang ibu sehingga mampu memperlancar saluran ASI pada payudara, dan hasilnya ASI akan keluar lebih lancar.
  • Membantu si bayi melekatkan bibir dengan benar ke arah puting, santai setiap kali menyusui hingga menghindari rokok juga merupakan faktor untuk memperbanyak supplai ASI kepada si bayi.
  • Menghindari kafein, menghindari memberi ASI dengan botol sampai dengan istirahat yang cukup dapat juga membantu para ibu dalam memproduksi banyak ASI demi memenuhi kebutuhan si bayi.

Beberepa trik ini dapat digunakan oleh para ibu yang sedang menyusui untuk meningkatkan produksi ASI yang ada. Tentunya, kondisi ASI yang terus terkuras ini akan memungkinkan sang ibu akan merasa lemas dan merasakan haus secara terus menerus.

Maka konsumsi makanan yang bergizi seimbang seperti yang telah diuraikan di atas beserta dengan banyaknya cairang air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu mempertahankan kondisi dari sang ibu. Sehingga tidak akan menghambat proses keluarnya dari ASI itu sendiri.

Artikel Terkait:

Tags: , , ,

Related to: Tips Untuk Melancarkan Air Susu Ibu ( ASI )